Berita & Informasi

Publikasi

Kode Etik Untuk Melindungi Masyarakat dan Keluhuran Profesi Konsultan

Bertempat di Ruang Pelatihan Kantor DPP INKINDO DKI Jakarta, telah diselenggarakan Penataran Kode Etik, tanggal 7 Februari 2024 lalu. Ini merupakan Penataran Kode Etik ke-2, dalam masa bakti kepengurusan DPP INKINDO DKI Jakarta 2022-2026, yang diikuti oleh 26 orang.  

Dalam sambutannya, Ketua Dewan Pengurus Provinsi INKINDO DKI Jakarta, Ir. Pung S. Zulkarnain, M.Ec.Dev., MAPPI (Cert), mengemukakan, penataran Kode Etik merupakan syarat keanggotaan Penuh atau Terbatas. Sesuai ART Bab III, Pasal 9 Ayat 2 huruf g: Anggota wajib mengikuti penataran Kode Etik INKINDO selambat-lambatnya pada akhir tahun pertama keanggotaannya. “Mengingat ketentuan tersebut, maka bagi penanggungjawab perusahaan yang belum pernah mengikuti Penataran Kode Etik dan Tata Laku Keprofesian INKINDO wajib mengikuti,” ujarnya. 
Ketua DKP INKINDO DKI Jakarta Ir. Abdullah Fitriantoro, M.Sc, dalam sambutannya mengemukakan Kode Etik berfungsi untuk melindungi masyarakat dari kemungkinan dirugikan oleh kelalaian, baik disengaja maupun tidak dari kaum professional. Dengan demikian Kode Etik menjamin masyarakat tidak akan dirugikan oleh seorang profesional tersebut.  Disamping itu, Kode Etik juga untuk melindungi keluhuran profesi tersebut dari perilaku-perilaku tidak terpuji orang-orang tertentu yang mengaku diri professional.
Adapun Tujuan Penataran Kode Etik dan Tata Laku Keprofesian INKINDO, secara umum membentuk perilaku mulia para Anggota, yaitu selalu menjunjung tinggi etika dalam menjalankan profesinya sebagai konsultan. Secara khusus menyamakan persepsi, pemahaman, serta penerimaan norma-norma perilaku diantara para Anggota dalam kehidupan berorganisasi. 


SOSIALISASI PP NO 58 TAHUN 2023 TERKAIT TARIF PEMOTONGAN PPH PASAL 21

16 Januari 2024

Perpajakan merupakan bagian penting bagi kegiatan usaha, tidak terkecuali usaha di bidang Jasa Konsultansi. Diperlukan pemahaman yang cukup mendalam bagi para pengusaha agar bisa terhindar dari permasalahan perpajakan yang berpotensi menghambat kelancaran kegiatan usaha. Oleh sebab itu maka sebagai bagian dari pelayanan kepada Anggota, DPP INKINDO DKI Jakarta secara periodik mengadakan sosialiasi regulasi perpajakan yang terkait dengan usaha jasa konsultansi bekerjasama dengan Ditjen Pajak, Kementerian Keuangan. 

Untuk itu maka pada tanggal 16 Januari 2024, DPP INKINDO DKI Jakarta  melakukan Sosialisasi regulasi Perpajakan tentang   “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2023 Tentang Tarif Pemotongan Pajak Penghasilan Pasal 21 Atas Penghasilan Sehubungan Dengan Pekerjaan, Jasa, Atau Kegiatan Wajib Pajak Orang Pribadi”,  yang diterbitkan tanggal 27 Desember 2023”. Sosialisasi diselenggarakan secara daring, yang diikuti lebih dari 360 orang, baik Anggota INKINDO DKI Jakarta maupun Anggota di luar DKI Jakarta. 


Penyerahan Donasi Bulan Dana PMI dari Anggota INKINDO DKI Jakarta

19 Desember 2023

Dalam rangka Bulan Dana PMI, DPP INKINDO DKI Jakarta telah menggalang dana dari Anggota INKINDO DKI Jakarta. Pada  tanggal 19 Desember 2023,  bertempat di Kantor INKINDO DKI Jakarta, telah dilakukan penyerahan  donasi dari Anggota INKINDO DKI Jakarta sebesar Rp20.550.00,00 (dua puluh juta lima ratus lima puluh ribu rupiah) kepada PMI Jakarta Selatan, yang berasal  dari 17 perusahaan. Donasi tersebut diserahkan secara langsung oleh Ketua DPP INKINDO DKI Jakarta, Ir. Pung S. Zulkarnain, M.Ec. Dev., MAPPI Cert didampingi oleh Sekretaris DPP INKINDO DKI Jakarta Afsdyah Eky Vitalina, S.P., M.Si., diterima oleh Ketua PMI Jakarta Selatan H. Haris. 


INKINDO DKI Jakarta Akan Menjalin Kerjasama dengan MAPPI

5 Desember 2023

 

Jakarta Selaran, DPP INKINDO DKI Jakarta meakukan audiensi dengan DPN Masyarakat Profesi Penilai Indonesia (MAPPI). 5 Desember 2023. Delegasi INKINDO DKI Jakarta yang dipimpin oleh Ketua DPP INKINDO DKI Jakarta, Ir. Pung. S. Zulknarnain, M.Ec.Dev., MAPPI (Cert) diterima langsung oleh Ketua Umum DPN MAPPI, Ir. Muhammad A. Muttaqin, M.Sc.,MAPPI (Cert.) dan jajaran pengurus DPN MAPPI. Hadir dalam audiensi tersebut beberapa pengurus DPP INKINDO DKI : Afsdyah Eky Vitalina, S.P., M.Si (Sekretaris), Dr. Ir. Agoeng Djoko Pitono, M.Sc (Wakil Ketua), Ir. Rachmadi (Wakil Ketua), Ir. Anas Karim Rivai,M.Ec.Dev., MAPPI (Cert)  (Anggota DPOP),  Rr. Nety Herawati, S.E. (Anggota DPOP), Maria Rubiyantinah., S.E., M.Sc, MAPPI (Cert) (Koodinator Bidang Penilai).

Pertemuan tersebut sebagai tindak lanjut Program DPPP INKINDO DKI Jakarta untuk menjalin kerjasama dengan asosiasi profesi terkait. Dalam diskusi, baik DPP INKINDO DKI Jakarta dan MAPPI sepakat untuk menjalin kerjasama yang akan dituangkan dalam bentuk MoU terkait dengan pembinaan dan pelatihan sesuai kebutuhan. Antara bidang konsultan dan penilai ada irisan yang dapat dikerjasamakan, khususnya dalam aspek bisnis. Menurut pihak MAPPI saat ini sudah ada RUU Penilai yang sedang berproses di DPR RI. 
 


Project Tour INKINDO DKI Jakarta

29 November 2023

INKINDO DKI Jakarta bekerjasama dengan BCI Central menyelenggarakan Project Tour ke Jababeka Industrial Estate, di Cikarang Timur, Bekasi, 29 November 2023. Dengan menggunakan satu bus berangkat dari Kantor INKINDO DKI Jakarta, delegasi INKINDO DKI Jakarta dipimpin oleh Ketua DPP INKINDO DKI Jakarta, Ir. Pung. S. Zulkarnain, M.Ec.Dev., MAPPI (Cert), didampingi antara lain oleh Afsdyah Eky Vitalina, S.P., M.Si (Sekretaris), Dr. Ir. Agoeng Djoko Pitono, M.Sc (Wakil Ketua), Ir. Rakhmadi (Wakil Ketua), Munif Sofyan, S.Kom (Wakil Ketua).  Disamping mendapat penjelasan secara umum tentang kawasan industri Jababebeka dari piha Jababeka dan paparan tentang produk atap baja panel  Bluescope, delegasi INKINDO DKI Jakarta juga melakukan kunjungan ke Laboratorium Fabrikasi dengan sistem Tridi Printing, Fasilitas Pengolahan Air Bersih, dan fasilitas Pembangkit Listrik Tenaga Surya (Solar Panel). Project Tour ini merupakan ketiga kalinya yang diselenggarakan atas kerjasama INKINDO DKI dan BCI. Pertama, kunjungan ke Jakarta International Stadium (JIS), dan kedua kunjungan ke Proyek MRT Fase 2 di Stasiun MRT di kawasan Monas. 


INKINDO DKI Jakarta Selenggarakan Pelatihan SMAP Batch ke-8

29 - 30 November 2023

Bertempat di Ruang Pelatihan Sekretariat INKINDO DKI Jakarta, tanggal  29-30  November 2023 lalu, telah diselenggarakan 
Pelatihan Penyusunan Dokumen SMAP ISO 37001: 2016. Pelatihan ini diikuti oleh 21 orang dari 20 perusahaan anggota INKINDO DKI Jakarta. Ini merupakan pelatihan SMAP Batch ke-8. Sebagaimana diketahui, salah satu persyaratan dalam pengurusan Sertifikat Badan Usaha (SBU) Jasa Konsultansi Konstruksi, adalah kepemilikan Dokumen Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) ISO 37001: 2016. Dokumen tersebut bersifat  wajib (mandatory) sesuai Permen PUPR No. 8 Tahun 2022. Pelatihan SMAP tersebut  dibuka secara resmi oleh Ketua DPP INKINDO DKI Jakarta, Ir. Pung S. Zulkarnain, M.Ec.Dev., MAPPI (Cert). Menurut data DPN INKINDO,  masih cukup banyak anggota INKINDO DKI Jakarta yang belum melengkapi dokumen SMAP. Sehubungan dengan hal tersebut, bagi badan usaha yang belum menyampaikan dokumen SMAP sebagai persyaratan SBU Jasa Konstruksi harus segera melengkapinya, selambat-lambatnya akhir Desember 2023. Kalau tidak dilengkapi sampai batas waktu tersebut maka SBU JK milik badan usaha terkait  dapat terkena sanksi pembekuan atau turun tayang. 


PELUANG USAHA JASA KONSULTANSI DI ERA TRANSISI ENERGI DAN PERUBAHAN IKLIM

2 November 2023

Bagi INKINDO masalah lingkungan merupakan topik yang sangat relevan dengan salah satu misi INKINDO. Sebagaimana disebutkan dalam AD INKINDO Pasal 8 Ayat (2) huruf g, salah satu misi INKINDO yaitu: “menciptakan inovasi yang bermanfaat untuk masyarakat dan berwawasan lingkungan”. Dalam Forum Anggota INKINDO DKI Jakarta 14 September 2023, isu tentang Climate Change mendapat respons sangat positif dari Anggota, sehingga kemudian menjadi Program Prioritas yang pelaksanaanya  berkolaborasi dengan   DPN INKINDO. Demikian dikemukakan oleh Ketua DPP INKINDO DKI Jakarta, Ir. Pung S. Zulkarnain, M.Ec.Dev., MAPPI (Cert) dalam sambutannya. 


Rapat DPP Harian Ke-8 Evaluasi dan Pemantapan Program Kerja

7 November 2023

DPP INKINDO DKI Jakarta menyelenggarakan Rapat DPP Harian (Diperluas) yang ke-8, 7 November 2023. Agenda utama adalah melakukan evaluasi Program Kerja Januari-Oktober 2023 dan Program Jangka Pendek November – Desember 2023. Rapat dipimpin oleh Ketua DPP INKINDO DKI Jakarta, Ir. Pung S. Zulkarnain, M.Ec. Dev., MAPPI (Cert), didampingi oleh Sekretaris-Afsdyah Eky Vitalina, S.P., M.Si dan Bendahara- Devina Maryana, S.E. Wakil Ketua Bidang Pembinaan Organisasi, Asdiani Savitri, S.T., M. Arch, menayampaikan paparan terkait realisasi program kerja Sekretaris, Bendahara, para Wakil Ketua, dan Badan-Badan INKINDO DKI Jakarta. Ketua DPP INKINDO DKI Jakarta menyampaikan beberapa arahan terkait dengan program jangka pendek ke depan antara lain:


Forum Anggota INKINDO DKI Jakarta

14 September 2023

Forum Anggota (FORA) merupakan Forum organisasi di tingkat provinsi yang memiliki nilai strategis, karena merupakan suatu forum resmi organisasi yang diamanatkan oleh AD/ART INKINDO. Sebagaimana diatur dalam Anggaran Dasar INKINDO Pasal 42, Forum Anggota (FORA) diselenggarakan oleh DPP INKINDO yang mempunyai fungsi dan kewenangan:

    1. Sebagai forum komunikasi dan koordinasi antara DPP dan Anggota; dan
    2. Untuk membahas hal-hal yang dianggap penting dan memberikan rekomendasi guna mendukung program kerja.

 

Pada tanggal 14 September lalu, DPP INKINDO DKI Jakarta menyelenggarakan Forum Anggota dengan tema: “INKINDO DKI Jakarta: Bangkit, Berkembang dan Berjaya”, bertempat di Jakarta Design Center. Sekitar 200 orang perwakilan anggota hadir dalam perhelatan tersebut. Ketua Umum DPN INKINDO, Ir. Erie Heryadi memberikan sambutan dan sekaligus membuka secara resmi Forum Anggota tersebut.


INKINDO DKI Jakarta Menyelenggarakan Kegiatan Donor Darah

13 September 2023

Dalam rangka peringatan HUT INKINDO DKI Jakarta ke-41, diselenggarakan kegiatan Donor Darah, pada tanggal 13 September 2023, di Kantor INKINDO DKI Jakarta. Kegiatan Donor Darah merupakan program sosial kemasyarakatan di bawah Sekretariat DPP INKINDO DKI Jakarta, yang secara rutin diselenggarakan oleh DPP INKINDO DKI Jakarta. Sekitar 100 peserta berpartisipasi dalam kegiatan ini, meskipun ada beberapa peserta yang tidak bisa donor darah karena kondisi kesehatannya tidak mengizinkan. Kegiatan Donor Darah ini merupakan kerjasama antara INKINDO DKI Jakarta dengan PMI Jakarta Selatan. Disamping donor darah, pihak PMI juga memberikan layanan pemeriksaan darah terkait dengan kolesterol, gula darah dan asam urat, secara gratis.