Berita & Informasi

Publikasi

INKINDO DKI Jakarta Selenggarakan Donor Darah Dalam Rangka HUT Ke-45 INKINDO

10 Juni 2024

Bertempat di Ruang Pelatihan Sekretariat INKINDO DKI Jakarta, telah diselenggarakan kegiatan Donor Darah sebagai rangkaian kegiatan HUT Ke-45 INKINDO pada tanggal 10 Juni 2024. Sekitar 120 orang terdaftar sebagai pendonor darah. Kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama antara DPP INKINDO DKI Jakarta dan PMI Jakarta Pusat. INKINDO DKI Jakarta telah menjadi Duta PMI melalui Penandatanganan PKS pada Tahun 2022. Hadir dalam acara tersebut Sekjen DPN INKINDO Bapak Imam Hartawan, S.T., M.T., Ketua DPP INKINDO DKI Jakarta Bapak Ir. Pung S. Zulkarnain, M.Ec.Dev., MAPPI (Cert) dan Sekretaris DPP INKINDO DKI Jakarta Ibu Afsdyah Eky Vitalina, S.P., M.Si dan Wakil Ketua Bidang Pranata Usaha DPN INKINDO Bapak Ir. Ronald Sihombing H. M.Si. Kegiatan Donor Darah ini juga didukung oleh  PT. Garuda Sertifikasi Indonesia. Terima kasih kepada seluruh pihak atas terlaksananya kegiatan donor darah ini.


Donasi Anggota INKINDO DKI Jakarta untuk bencana alam di Sumbar

03 Juni 2024

DPP INKINDO DKI Jakarta mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setingg-tingginya kepada para Anggota yang telah berkenan menyampaikan donasi untuk saudara-saudara kita  di Sumatera Barat yang terdampak bencana banjir dan longsor. Donasi yang terkumpul hingga 31 Mei 2024 sebesar Rp 25.500.000,-  (duapuluh lima juta lima ratus ribu rupiah) dari 23 Perusahaan Anggota INKINDO DKI Jakarta, sebagaimana tersebut di bawah ini.

 

Donasi tersebut secara simbolik telah diserahkan  kepada DPP INKINDO INKINDO Sumatera Barat, dalam pertemuan melalui  Zoom dengan Ketua DPP INKINDO Sumbar dan jajarannya, pada hari ini, Senin, 3 Juni 2024,  untuk disalurkan kepada masyakarat Sumatera Barat yang terdampak bencana. Semoga kebaikan Bapak/Ibu mendapat ganjaran yang berlipat dari Allah SWT.


HALALBIHALAL DAN DIALOG INTERAKTIF

23 April 2024

Perlu Dicermati  Sanksi Turun Tayang  SBU Sesuai 
Surat Menteri Nomor: BK 10-Mn/75


Sertifikat Badan Usaha (SBU) Jasa Konstruksi adalah “jantung” badan usaha konsultan. Jika SBU dibekukan atau dicabut, maka kegiatan usaha akan terganggu, bahkan perusahaan bisa koleps, karena tidak bisa mengikuti seleksi konsultan maupun melakukan pengikatan kontrak. Mengingat pentingnya hal tersebut, pada tanggal 23 April 2024, DPP INKINDO DKI Jakarta menyelenggarakan acara Halalbihalal 1445 H dan Dialog Interaktif: “SURAT MENTERI PUPR NOMOR : BK 10-Mn/75 Tentang PENGENAAN SANKSI ADMINISTRASI TERHADAP LSBU DAN SBU JASA KONSTRUKSI KBLI 2020  YANG TIDAK MEMENUHI PERSYARATAN PERIZINAN BERUSAHA”. Dalam sambutannya, Ketua DPP INKINDO DKI Jakarta, Ir. Pung S. Zulkarnain, M.Ec. Dev., MAPPI (Cert) mengemukakan pemahaman tentang regulasi ini sangat penting bagi Anggota karena menyangkut ”Jantung Kita”. Hal tersebut agar terhindar dari sanksi turun tayang SBU, sehingga tidak dapat digunakan dalam proses pemilihan penyedia jasa dan  tidak dapat digunakan untuk melakukan pengikatan kontrak. “DPP INKINDO DKI Jakarta sebelumnya pernah berkirim surat secara langsung kepada Anggota untuk menginformasikan tentang Surat Menteri PUPR Nomor : BK 10-Mn/7 tersebut di atas, menindaklanjuti Surat DPN INKINDO. ”Namun mengingat pentignya Surat Menteri tersebut dan seriusnya konsekuensi yang timbul jika kita tidak memenuhi ketentuan Surat Menteri tersebut, maka pada hari ini kami menyelenggarakan Dialog Interaktif langsung kepada Anggota,” ujarnya.  


INKINDO DKI Jakarta Santuni 6 Panti Asuhan

25 Maret -28 Maret 2024

Dalam rangka kegiatan INKINDO DKI Berbagi Berkah Ramadhan 1445 H, sebagai tindaklanjut kegiatan “Buka Bersama dan Santunan Anak Yatim”, yang dilaksanakan pada tanggal 22 Maret 2024, INKINDO DKI Jakarta melakukan santunan Anak Yatim ke 6 Panti Asuhan di Jakarta. Santunan kepada Panti Asuhan Anak Yatim diberikan dalam bentuk Sembako dan Uang Tunai, dimulai  pada tanggal 25 Maret -28 Maret 2024. Adapun nama-nama Panti Asuhan adalah sebagai berikut:

  1. Panti Asuhan Yatim Terpadu Al-Andalusia, Jl. Bangka 2 Gg 5 No 27,  Pela Mampang, Jakarta Selatan.
  2. Panti Asuhan Yatim Domyadhu, Jl. H. Samali No 85, Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.
  3. Panti Asuhan Yatim Piatu & Dhuafa Anni’mah, Jl. Hasan No 27, Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur.
  4. Panti Asuhan Tebet Yayasan Remaja Masa Depan, Jl. Tebet Raya No 69, Tebet Barat, Tebet, Jakarta Selatan.
  5. Panti Asuhan Yatim Piatu Al-Hasanat, Jl. Pancoran Barat VII B F70, Pancoran, Jakarta Selatan.
  6. Panti Asuhan Kampung Melayu, Jl. Kp. Melayu Kecil 2 No. 21, Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan.

DPP INKINDO DKI Jakarta menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas keikhlasan Bapak dan Ibu yang telah memberikan donasi untuk kegiatan INKINDO DKI Jakarta Berbagi Berkah di Bulan Ramadan 1445H. Semoga kebaikan Bapak dan Ibu mendapatkan pahala yang sebesar-besarnya dari Allah SWT dan diberikan kemudahan dalam menjalankan usahanya.


INKINDO DKI JAKARTA SELENGGARAKAN SANTUNAN ANAK YATIM

22 Maret 2024

Sebagai bentuk kepedulian sosial dan untuk meningkatkan amal ibadah di bulan Suci Ramadan, DPP INKINDO DKI Jakarta menyelenggarakan Program “INKINDO DKI Berbagi Ramadan 1445 H”. Kegiatan ini dimulai dengan menghimpun donasi dari para Anggota awal bulan Ramadan. Sampai tanggal 22 Maret 2024 telah terkumpul donasi sebesar Rp 42,5 juta yang berasal dari  28 donatur, 27 dari  perusahaan dan satu dari perorangan. Dana tersebut disalurkan kepada Anak Yatim secara langsung di Kantor INKINDO DKI maupun disalurkan ke Panti Asuhan, dalam bentuk seperangkat alat shalat, sembako dan uang tunai. 
Program INKINDO DKI berbagi tersebut meliputi: 
•    Pada tanggal 15 Maret 2024, dilakukan pembagian Nasi kotak untuk berbuka puasa ke 3 Masjid 50 kotak, serta pembagian takjil untuk berpuka puasa di jalan raya pasar minggu sebanyak 200 kotak. 
•    Pada tanggal 22 Maret 2024, Santunan anak yatim 50 orang, bersamaan dengan acara Buka Bersama Pengurus DPP dan mantan Ketua DPP, serta Senior INKINDO DKI Jakarta.  
•    Pembagian sembako ke 3 Panti Asuhan dilakukan pada tanggal 26-27 Maret 2024.

Dalam acara buka puasa bersama pengurus dan para senior INKINDO DKI Jakarta, antara lain hadir mantan Ketua DPP INKINDO DKI Jakarta Dr. Ir. Mustafa Abubakar, M.Si, Ir. Siadji SP Simatupang, M.B.A, dan Imam Hartawan, S.T., M.T. Dalam kesempatan tersebut, Dr. Mustafa Abubakar, Menteri BUMN 2009-2011 dan Dirut Bulog 2007-2009, memberikan sambutan dan wejangan kepada 50 anak yatim yang hadir. Pembagian santunan anak yatim diserahkan secara  langsung oleh Ketua DPP INKINDO DKI Jakarta Ir. Pung S. Zulkarnain, M.Ec. Dev.,MAPPI (Cert), Sekretaris Afsdyah Eky Vitalina, S.P., M.Si, dan Bendahara Devina Maryana, S.E. Acara santunan anak yatim diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al Quran dan Tausiah oleh Ustad Ahmad Dairobi.
 


INKINDO DKI Berbagi Takjil di 3 Masjid dan di Pinggir Jalan

15 Maret 2024

Dalam rangka kegiatan “Berbagi Berkah Ramadan 1445 H”, INKINDO DKI Jakarta melakukan pembagian nasi kotak  di 3 Masjid sekitar kantor INKINDO DKI Jakarta  dan takjil di pinggir Jalan, pada tanggal 15 Maret 2024. Masing-masing Masjid, yaitu: Masjid Guru Amin, Masjid Al Falah, dan Masjid Nasrunminallah  diberikan  50 nasi kotak untuk buka bersama.  Sebanyak 250 bungkus takjil  dibagikan kepada masyarakat umum di pinggir Jalan Raya Pasar Minggu, dekat kantor INKINDO DKI Jakarta. Pembagian nasi kotak dan takjil tersebut dipimpin oleh Ketua DPP INKINDO DKI Jakarta Ir. Pung S. Zulkarnain, M.Ec.Dev., MAPPI (Cert), didampingi oleh Sekretaris DPP Eky Vitalina, S.P., M.Si, dan Setprov INKINDO DKI Jakarta. Sumber dana untuk pembagian nasi kotak dan takjil tersebut berasal dari  donasi Anggota INKINDO DKI Jakarta.

 


Kode Etik Untuk Melindungi Masyarakat dan Keluhuran Profesi Konsultan

7 Februari 2024

Bertempat di Ruang Pelatihan Kantor DPP INKINDO DKI Jakarta, telah diselenggarakan Penataran Kode Etik, tanggal 7 Februari 2024 lalu. Ini merupakan Penataran Kode Etik ke-2, dalam masa bakti kepengurusan DPP INKINDO DKI Jakarta 2022-2026, yang diikuti oleh 26 orang.  

Dalam sambutannya, Ketua Dewan Pengurus Provinsi INKINDO DKI Jakarta, Ir. Pung S. Zulkarnain, M.Ec.Dev., MAPPI (Cert), mengemukakan, penataran Kode Etik merupakan syarat keanggotaan Penuh atau Terbatas. Sesuai ART Bab III, Pasal 9 Ayat 2 huruf g: Anggota wajib mengikuti penataran Kode Etik INKINDO selambat-lambatnya pada akhir tahun pertama keanggotaannya. “Mengingat ketentuan tersebut, maka bagi penanggungjawab perusahaan yang belum pernah mengikuti Penataran Kode Etik dan Tata Laku Keprofesian INKINDO wajib mengikuti,” ujarnya. 
Ketua DKP INKINDO DKI Jakarta Ir. Abdullah Fitriantoro, M.Sc, dalam sambutannya mengemukakan Kode Etik berfungsi untuk melindungi masyarakat dari kemungkinan dirugikan oleh kelalaian, baik disengaja maupun tidak dari kaum professional. Dengan demikian Kode Etik menjamin masyarakat tidak akan dirugikan oleh seorang profesional tersebut.  Disamping itu, Kode Etik juga untuk melindungi keluhuran profesi tersebut dari perilaku-perilaku tidak terpuji orang-orang tertentu yang mengaku diri professional.
Adapun Tujuan Penataran Kode Etik dan Tata Laku Keprofesian INKINDO, secara umum membentuk perilaku mulia para Anggota, yaitu selalu menjunjung tinggi etika dalam menjalankan profesinya sebagai konsultan. Secara khusus menyamakan persepsi, pemahaman, serta penerimaan norma-norma perilaku diantara para Anggota dalam kehidupan berorganisasi. 


SOSIALISASI PP NO 58 TAHUN 2023 TERKAIT TARIF PEMOTONGAN PPH PASAL 21

16 Januari 2024

Perpajakan merupakan bagian penting bagi kegiatan usaha, tidak terkecuali usaha di bidang Jasa Konsultansi. Diperlukan pemahaman yang cukup mendalam bagi para pengusaha agar bisa terhindar dari permasalahan perpajakan yang berpotensi menghambat kelancaran kegiatan usaha. Oleh sebab itu maka sebagai bagian dari pelayanan kepada Anggota, DPP INKINDO DKI Jakarta secara periodik mengadakan sosialiasi regulasi perpajakan yang terkait dengan usaha jasa konsultansi bekerjasama dengan Ditjen Pajak, Kementerian Keuangan. 

Untuk itu maka pada tanggal 16 Januari 2024, DPP INKINDO DKI Jakarta  melakukan Sosialisasi regulasi Perpajakan tentang   “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2023 Tentang Tarif Pemotongan Pajak Penghasilan Pasal 21 Atas Penghasilan Sehubungan Dengan Pekerjaan, Jasa, Atau Kegiatan Wajib Pajak Orang Pribadi”,  yang diterbitkan tanggal 27 Desember 2023”. Sosialisasi diselenggarakan secara daring, yang diikuti lebih dari 360 orang, baik Anggota INKINDO DKI Jakarta maupun Anggota di luar DKI Jakarta. 


Penyerahan Donasi Bulan Dana PMI dari Anggota INKINDO DKI Jakarta

19 Desember 2023

Dalam rangka Bulan Dana PMI, DPP INKINDO DKI Jakarta telah menggalang dana dari Anggota INKINDO DKI Jakarta. Pada  tanggal 19 Desember 2023,  bertempat di Kantor INKINDO DKI Jakarta, telah dilakukan penyerahan  donasi dari Anggota INKINDO DKI Jakarta sebesar Rp20.550.00,00 (dua puluh juta lima ratus lima puluh ribu rupiah) kepada PMI Jakarta Selatan, yang berasal  dari 17 perusahaan. Donasi tersebut diserahkan secara langsung oleh Ketua DPP INKINDO DKI Jakarta, Ir. Pung S. Zulkarnain, M.Ec. Dev., MAPPI Cert didampingi oleh Sekretaris DPP INKINDO DKI Jakarta Afsdyah Eky Vitalina, S.P., M.Si., diterima oleh Ketua PMI Jakarta Selatan H. Haris. 


INKINDO DKI Jakarta Akan Menjalin Kerjasama dengan MAPPI

5 Desember 2023

 

Jakarta Selaran, DPP INKINDO DKI Jakarta meakukan audiensi dengan DPN Masyarakat Profesi Penilai Indonesia (MAPPI). 5 Desember 2023. Delegasi INKINDO DKI Jakarta yang dipimpin oleh Ketua DPP INKINDO DKI Jakarta, Ir. Pung. S. Zulknarnain, M.Ec.Dev., MAPPI (Cert) diterima langsung oleh Ketua Umum DPN MAPPI, Ir. Muhammad A. Muttaqin, M.Sc.,MAPPI (Cert.) dan jajaran pengurus DPN MAPPI. Hadir dalam audiensi tersebut beberapa pengurus DPP INKINDO DKI : Afsdyah Eky Vitalina, S.P., M.Si (Sekretaris), Dr. Ir. Agoeng Djoko Pitono, M.Sc (Wakil Ketua), Ir. Rachmadi (Wakil Ketua), Ir. Anas Karim Rivai,M.Ec.Dev., MAPPI (Cert)  (Anggota DPOP),  Rr. Nety Herawati, S.E. (Anggota DPOP), Maria Rubiyantinah., S.E., M.Sc, MAPPI (Cert) (Koodinator Bidang Penilai).

Pertemuan tersebut sebagai tindak lanjut Program DPPP INKINDO DKI Jakarta untuk menjalin kerjasama dengan asosiasi profesi terkait. Dalam diskusi, baik DPP INKINDO DKI Jakarta dan MAPPI sepakat untuk menjalin kerjasama yang akan dituangkan dalam bentuk MoU terkait dengan pembinaan dan pelatihan sesuai kebutuhan. Antara bidang konsultan dan penilai ada irisan yang dapat dikerjasamakan, khususnya dalam aspek bisnis. Menurut pihak MAPPI saat ini sudah ada RUU Penilai yang sedang berproses di DPR RI.