Berita & Informasi

Publikasi

INKINDO DKI Jakarta Selenggarakan Training dan Workshop SMAP Batch Ke-6

Salah satu persyaratan untuk pengurusan Sertifikat Badan Usaha (SBU) Jasa Konsultansi Konstruksi adalah harus menyiapkan dokumen Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) ISO 37001 : 2016. Hal tersebut bersifat mandatory sesuai Permen PUPR No. 8 Tahun 2022. Dalam rangka memberikan pelayanan kepada Anggota maka DPP INKINDO DKI Jakarta secara berkala menyelenggarakan Traning & Workshop Penyiapan Dokumen Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) ISO 37001:2016. Pada tanggal 14-15 Desember 2022, INKINDO DKI Jakarta telah menyelenggarakan Training dan Workshop SMAP Batch ke-6 yang  diikuti oleh 21 orang. Imam Hartawan, S.T., M.T., Ketua DPP INKINDO DKI Jakarta didampingi Afsdyah Eky Vitalina, S.P., M.Si, Sekretaris DPP INKINDO DKI Jakarta,  hadir dan  memberikan sambutan dalam pembukaan acara pelatihan SMAP tersebut.


INKINDO DKI Tandatangani PKS dengan Bank DKI dan MoU dengan INTAKINDO DKI

Bertempat di Kantor INKINDO DKI Jakarta, pada tanggal 30 November 2022, telah dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Bank DKI dan MoU dengan INTAKINDO DKI Jakarta . Ini merupakan perpanjangan PKS dari yang PKS yang sebelumnya pernah dilakukan. Penandatanganan PKS dilakukan oleh Plt Ketua DPP INKINDO DKI Jakarta Afsdyah Eky Vitalina, S.P., M.Si dan Pemimpin Group Hubungan Kelembagaan Bank DKI Ahadi Subri.  Ruang Lingkup Kerjasama tersebut, antara lain meliputi:  Fasilitas Kredit Modal Kerja untuk melaksanakan jasa konsultansi di lingkungan Pemprov DKI Jakarta  yang  meliputi: Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Badan Layanan Umum Daerah (BULD), Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Dalam PKS tersebut juga diatur terkait Fasilitas Bank Garansi. Kerjasama dengan Bank DKI ini dimaksudkan untuk memberikan pelayanan kepada Anggota, terkait fasilitas kredit modal kerja Anggota INKINDO DKI Jakarta.


INKINDO DKI Jakarta Salurkan Bantuan Bencana Gempa Cianjur Bekerjasama dengan PMI Jakarta Selatan

Korban bencana gempa Cianjur, yang terjadi pada tanggal 21 November 2022 lalu, dengan kekuatan 5,6 Skala Richter, telah menewaskan lebih dari 300 orang dan menimbulkan kerusakan yang luar biasa pada rumah-rumah penduduk, sehingga menimbulkan puluhan ribu pengungsi.  Sebagai bentuk kepedulian sosial, maka DPP INKINDO DKI Jakarta melakukan penggalangan dana dari Anggota INKINDO DKI Jakarta, untuk kemudian akan disalurkan ke lokasi bencana melalui  PMI Jakarta Selatan. Bertempat di Kantor INKINDO DKI Jakarta, 30 November 2022, DPP INKINDO DKI Jakarta telah menyerahkan secara simbolik sumbangan yang terkumpul dari anggota INKINDO DKI Jakarta sebesar Rp 54.000.000 (lima puluh empat juta rupiah) berasal dari 23 perusahaan anggota INKINDO DKI Jakarta.


INKINDO DKI Jakarta Selenggarakan Diskusi Panel Sistem Seleksi Jasa Konsutansi Pada Proyek Pemerintah

Selasa, 22 November 2022, DPP INKINDO DKI Jakarta selenggarakan Diskusi Panel dengan tema: “Sistem Seleksi Jasa Konsultansi pada Proyek Pemerintah”. Sebagai Panelis adalah Antonius Lambok Sihombing, Analis Kebijakan Ahli Madya, Direktorat Pengembangan Strategi dan Kebijakan Pengadaan Umum, LKPP dan Indro Pantja Pramodo, S.T., M.T, Direktur Pengembangan Jasa Konstruksi, Direktorat Jenderal Bina Konstruksi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Bertindak sebagai Pembahas adalah Imam Hartawan, S.T., M.T., mewakili pelaku usaha jasa konsultansi dan sebagai moderator adalah Ir. Anton Gerbono, Wakil Ketua Bidang Pranata Usaha DPP INKINDO DKI Jakarta.

Acara dibuka oleh Plt. Ketua DPP INKINDO DKI Jakarta, Afsdyah Eky Vitalina, S.P., M.Si, dan dihadiri oleh sekitar 300 peserta yang terdiri dari anggota INKINDO DKI Jakarta dan anggota INKINDO dari provinsi lain melalui aplikasi zoom.


INKINDO DKI Jakarta Selenggarakan Sosialisasi TAP DPN INKINDO Terkait Kode Etik

Dalam rangka pelaksanaan Program Kerja Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) INKINDO DKI Jakarta Masa Bakti 2022-2026, hari ini, Rabu, 16 November 2022, DKP INKINDO DKI Jakarta didukung oleh DPP INKINDO DKI Jakarta  telah menyelenggarakan  Sosialisasi Ketetapan DPN INKINDO yang terkait dengan Kode Etik, untuk pengurus DPP, DKP,DPOP dan Badan-Badan.  Plt. Ketua DPP INKINDO DKI Jakarta, Afsdyah Eky Vitalina, S.P., M.Si memberikan sambutan,  kemudian disusul  oleh sambutan Ketua DKP INKINDO DKI Jakarta, Ir. Bambang H. Wikanta, M.M., M.T., yang  sekaligus membuka acara secara resmi.  Kegiatan sosialisasi ini dilakukan secara hybrid, sebagian  hadir di ruang pelatihan INKINDO DKI Jakarta dan sebagian ikut secara daring. Peserta diambil dari Pengurus INKINDO DKI yang sudah pernah ikut penataran Kode Etik dan Tata Laku Keprofesian (KE&TLK) INKINDO sehingga mempunyai platform yang sama dalam mempelajari perubahan-perubahan 5 TAP DPN yang disosialisasikan..

Ketetapan DPN yang disosialisasikan adalah pasca perubahan AD/ART INKINDO Tahun 2021, meliputi:

  1. Ketetapan DPN No. 59.TAP.DPN/IX/2022 berupa TAP DKN INKINDO No. 01/TAP.DKN/VII/2022 Tentang Pedoman Tata Laku Keprofesian INKINDO.
  2. Ketetapan DPN No. 60.TAP.DPN/IX/2022 berupa TAP DKN INKINDO No. 02/TAP.DKN/VII/2022 Tentang Pedoman Dewan Kehormatan dalam Penanganan Dugaan Pelanggaran Kode Etik INKINDO.
  3. Ketetapan DPN No. 61.TAP.DPN/IX/2022 berupa TAP DKN INKINDO No. 03/TAP.DKN/VII/2022 Tentang Pedoman Peringkat dan Penggolongan Sanksi Pelanggaran Kode Etik INKINDO.
  4. Ketetapan DPN No. 62.TAP.DPN/IX/2022 berupa TAP DKN INKINDO No. 04/TAP.DKN/VII/2022 Tentang Majelis Etik INKINDO.
  5. Ketetapan DPN No. 63.TAP.DPN/IX/2022 berupa TAP DKN INKINDO No. 05/TAP.DKN/VII/2022 Tentang Pedoman Penataran Kode Etik dan Tata Laku Keprofesian INKINDO.

Sebagai narasumber adalah Ir. Drs. Eddy Eko Susilo, M.T. dan Ir. Bambang H. Wikanta, M.M., M.T., IPU. Sebagai moderator Ir. Abdulah Fitriantoro, M.Sc, Sekretaris DKP INKINDO DKI Jakarta. Hal yang baru dalam TAP DPN tersebut adalah tentang Majelis Etik, merupakan lembaga ad hoc yang dibentuk oleh DKN INKINDO di tingkat nasional (Majelis Etik Nasional)  dan DKP di tingkat provinsi (Majelis Etik Provinsi), untuk menangani kasus-kasus pelanggaran Kode Etik dan Tata Laku Keprofesian INKINDO.


INKINDO DKI Jakarta Selenggarakan Donor Darah

Dalam rangka peringatan Hari Pahlawan,  pada tanggal 11 November 2022, INKINDO DKI Jakarta menyelenggarakan kegiatan Donor Darah bekerjasama dengan PMI Jakarta Selatan yang diikuti oleh hampir 100  orang, terdiri dari  pengurus DPP dan para karyawan perusahaan anggota INKINDO DKI Jakarta. Dalam acara ini antara lain dihadiri oleh Imam Hartawan, S.T., M.T., Ketua DPP INKINDO DKI (Non Aktif),  Afsdyah Eky Vitalina, S.P., M.Si,  , Ir. Pung S. Zulkarnaen, M.Ec.Dev, MAPPI (Cert), Bendahara DPP, Ir. Bambang H. Wikanta, M.M., M.T, Ketua DKP INKINDO DKI Jakarta, dan para pengurus DPP dan Badan-Badan INKINDO DKI Jakarta.

Kegiatan Donor Darah merupakan program rutin DPP INKINDO DKI Jakarta yang dilaksanakan setiap tahun minimal dua kali. Pada tanggal 11 Agustus 2022 lalu, juga telah diselenggarakan donor darah dalam rangka HUT ke-40 INKINDO DKI Jakarta.  Para anggota sangat antusias mengkuti kegiatan Donor Darah ini. Ada beberapa peserta yang sudah mendaftar namun  tidak bisa Donor Darah karena kondisi kesehatan  tidak memenuhi syarat.  DPP INKINDO DKI Jakarta dan PMI Jakarta Selatan telah menyelenggarakan MoU. DPP INKINDO DKI Jakarta telah ditunjuk sebagai duta PMI.


INKINDO DKI Jakarta Resmikan Studio Podcast dan TUK

Salah satu program kerja DPP INKINDO DKI Jakarta di bidang Sistem Informasi dan Humas adalah memyelenggarakan acara Podcast dengan menghadirkan para narasumber yang terkait dengan jasa konsultansi. Untuk itu maka DPP INKINDO DKI Jakarta telah membangun  Studio Podcast, terletak di lantai dua kantor DPP INKINDO DKI Jakarta. Melalui Studio Podcast ini secara periodik akan diselenggarakan Podcast tentang berbagai isu terkait usaha jasa konsultansi, dengan mengundang narasumber yang kompeten di bidangnya

Bertepatan dengan Hari Bangunan Nasional, pada tanggal 11 November 2022, dilakukan juga peresmian Studio Podcast dan Tempat Uji Kompetensi (TUK). Ruang Studio Podcast sudah dilengkapi dengan perangkatnya, termasuk kamera dan mikrofon untuk podcast. Peresmian Studio Podcast dengan nama “In-Voice” (INKINDO-Voice),   ditandai dengan pengguntingan pita, yang dilakukan oleh Ketua DPP INKINDO DKI Jakarta (Non Aktif) Imam Hartawan, S.T., M.T., Plt Ketua DPP INKINDO DKI Jakarta, Afsdyah Eky Vitalina, S.P., M.Si, dan Ketua DKP INKINDO DKI Jakarta Ir. Bambang H. Wikanta, M.M., M.T. Dalam waktu dekat INKINDO DKI Jakarta akan menyelenggarakan beberapa kali Podcast, antara lain tentang  KPBU (Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha) serta  topik-topik  aktual lainnya terkait regulasi usaha jasa konsultansi.

Berdampingan dengan Studio Podcast, di lantai dua juga dibangun beberapa ruang yang berfungsi sebagai  Tempat Uji Kompetensi (TUK) untuk proses pengurusan Sertifikat Kompetensi Kerja (SKK). Hari ini dilakukan uji kompetensi perdana beberapa tenaga ahli yang telah mengajukan permohon SKK bertempat, di TUK INKINDO DKI Jakarta. Proses sertifikasi kompetensi kerja ini  bekerjasama dengan LSP Pertakonas. INKINDO DKI Jakarta dan Pertakonas telah melakukan Perjanjian Kerjasama (PKS) dalam percepatan proses penerbitan SKK.


INKINDO DKI Jakarta Bangun Galeri ATM

Kegiatan di Kantor DPP INKINDO semakin banyak. Hilir mudik anggota juga akan semakin tinggi, untuk keperluan asistensi SBU (Sertifikat Badan Usaha)  dan proses SKK (Sertifikat Kompetensi Kerja).  Disamping itu juga untuk memberikan layanan ATM kepada masyarakat sekitarnya. Dengan demikian kebutuhan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) disekitar kantor DPP INKINDO DKI semakin tinggi. DPP INKINDO DKI Jakarta telah menawarkan kepada beberapa bank untuk membuka ATM di lingkungan kantor DPP INKINDO DKI Jakarta, rupanya gayung bersambut. Beberapa bank sudah merespons untuk membuka ATM.

Bertepatan dengan Hari Bangunan Nasional tanggal 11 November 2022, disamping peresmian  Studio Podcast, juga dilakukan peresmian peletakan batu pertama pembangunan Galeri ATM. Disediakan 3 tempat untuk ATM dengan ukuran ruang 2,8 m x 6,5 m, terletak di pojok depan Kantor DPP. Peresmian dilakukan dengan peletakan batu pertama oleh: Imam Hartawan, S.T., M.T. (Ketua DPP INKINDO DKI Jakarta Non Aktif), Afsdyah Eky Vitalina, S.P., M.Si, Plt Ketua DPP INKINDO DKI Jakarta, Ir. Pung. S. Zulkarnaen, M.Ec.ev, MAPPI (Cert), Bendahara DPP, Ir. Bambang H. Wikanta, M.M., M.T., Ketua DKP INKINDO DKI Jakarta, Ir. Erie Heryadi, Wakil Ketua Umum DPN INKINDO (Non Aktif), dan Aditya Prakasa Yasin, B.Sc, Plt Sekretaris DPP.

Dengan tersedianya Galeri ATM akan memudahkan para anggota dan karyawan yang datang ke kantor INKINDO DKI Jakarta mendapatkan uang cash.  Disamping itu  keberadaan  ATM juga akan memberikan manfaat bagi  masyarakat sekitarnya.  


INKINDO DKI Jakarta Selenggarakan Sosialisasi SIMPAN dan Proses SKK

Lebih dari 500 orang mengikuti secara daring Sosialisasi E-Simpan Dan Sertifikasi Kompetensi Kerja Konstruksi, tanggal 7 November 2022, terdiri dari anggota INKINDO DKI Jakarta dan anggota INKINDO provinsi lain.  Hal ini menunjukkan betapa informasi terkait E-SIMPAN dan proses SKK (Sertifikat Kompetensi Kerja (SKK), sangat penting bagi kegiatan usaha jasa konsultansi. Sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2022,  setiap Badan Usaha Jasa Konstruksi dan setiap Tenaga Kerja Konstruksi harus melakukan pencatatan pengalaman melalui Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK). Pencatatannya menggunakan Sistem Informasi Jasa Konstruksi Terintegrasi, dalam hal ini melalui Sistem Informasi Pengalaman Penyedia Jasa Konstruksi (SIMPAN).

Sebagai narasumber adalah Dewi Chomistriana, S.T., M.Sc, Sekretaris Direktorat  Jenderal  Bina Konstruksi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Zulhanif Tolhas P Sidabutar, Dipl.UM, M.M, Koordinator IT LPJK , Imam Hartawan S.T., M.T., mewakili pelaku Usaha, dan  Ir. Muhtar Tjaya, Direktur Utama PT. LSP PERTAHKINDO Konstruksi Nasional (LSP PERTAKONAS). Sebagai moderator Ir. Mangiring Purba. Afsdyah Eky Vitalina, S.P., M.Si, selaku  Plt Ketua DPP INKINDO DKI Jakarta, memberikan sambutan dalam pembukaan acara ini.


Penandatanganan Perjanjian Kerjasama INKINDO DKI Jakarta dan PT Gree Electric Appliances Indonesia

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama  INKINDO DKI Jakarta dan 
PT Gree Electric Appliances Indonesia

Dalam rangka menjalin kerjasama dengan para vendor mitra INKINDO DKI Jakarta, pada hari ini, 22 September 2022, telah dilakukan penandatanganan Perjanjian kerjasama (PKS)  antara INKINDO DKI Jakarta dan PT Gree Electric Appliaces Indonesia, bertempat di JIEXPO Kemayoran Jakarta/Stand Hall A-L01/Room 2. Gree adalah salah satu merek AC yang terkemuka di Indonesia.  Imam Hartawan, S.T., M.T., Ketua DPP INKINDO DKI Jakarta menandatangani PKS   mewakili INKINDO DKI Jakarta, didampingi oleh Afsdyah Eky Vitalina, S.P., M.Si-Sekretaris dan Ir. Pung S. Zulkarnain, Mec.Dev, MAPPI (Cert)-Bendahara.   Pada saat yang sama, di JIEXPO sedang diselenggarakan pameran berbagai produk AC dengan tema:  “Indonesia Largest Refrigeration, HVAC and Energy Efficient Technology Exhibition”.  Pada saat Rakerprov INKINDO DKI Jakarta, 16 Agustus 2022, INKINDO DKI Jakarta sudah menandatangani nota kesepahaman (MOU) dengan PT Gree.