Berita & Informasi

Agenda Kegiatan

Kunjungan DPP INKINDO Maluku ke INKINDO DKI Jakarta

Delegasi DPP INKINDO Maluku dipimpin oleh Ketua  DPP Anthonio R. Herrenauw, SE, SH, melakukan silaturahmi dan kunjungan kerja ke kantor DPP INKINDO DKI Jakarta, pada Jumat, 8 Oktober 2021.  Anggota delegasi DPP INKINDO Maluku yang hadir adalah: Thomas Souissa, ST (Bendahara), Jacobus Fofid, ST, MT (Wakil Ketua 1),  Janes Nanulaitta, ST (Wakil Ketua 2), David Sahupala, ST (Wakil Ketua 6), Hamrah Tomasa, ST (Wakil Ketua 7 ),  Ir. Johny Lucky Metubun (Wakil Sekretaris 1), Frejon M. Souisa, ST (Wakil Sekretaris 2), Drs. Frederik A. Mailoa (Ketua Panitia Pemilihan), Amiruddin Hasri, ST (Ketua Panitia Musprov), Fery Dwi Gunawan, ST (Bendahara Musprov), Christomus Tatara (Anggota Panitia Muspro), Helmy Satumalay (Setprov), Cheril Akyuwen (Setprov).


INKINDO DKI Menyongsong Tahun 2022 Penuh Optimisme

Meskipun dalam suasana Pandemi Covid-19, peringatan hari jadi INKINDO (Ikatan Nasional Konsultan Indonesia)  DKI Jakarta, diwarnai berbagai kegiatan, baik yang bersifat professional maupun sosial kemasyarakatan. Menurut Ketua DPP INKINDO DKI Jakarta, Imam Hartawan, S.T., M.T., beberapa rangkaian kegiatan dalam rangka ulang tahun tersebut, antara lain meliputi: Penyelenggaraan Sentra Vaksinasi  dan Sentra Mini Vaksinasi berkolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta, Brainstorming dengan Asosiasi Profesi, Penerbitan Buku “Perpajakan Usaha Jasa Konsultansi”, Pembentukan Komite Sertifikat Laik Fungsi Bangunan (SLF), Santunan kepada 222 anak yatim dan dhuafa, dan MoU DPP INKINDO DKI Jakarta dan Universitas Mercu Buana. 

 

Pada acara puncak peringatan hari ulang tahun INKINDO DKI Jakarta pada tanggal 15 September 2021, diselenggarakan acara Diskusi Panel  dengan tema;  “TAHUN  2022: “OPTIMISME, PELUANG DAN TANTANGAN USAHA JASA KONSULTANSI”. Sebagai nara sumber: Ir. Nicodemus Daud, M.Si, Direktur kelembagaan Dan Sumber daya Konstruksi, Ditjen Bina Konstruksi, Kementerian PUPR, Dr. Ir. Taufik Hanafi , MUP, Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Amin Adhy Muhaemin, S.Si, M.Si, Direktur  Pengembangan Strategi  dan Kebijakan Pengadaan Umum LKPP, Taufik Widjoyono, M.Sc, Ketua Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK), dan sebagai pembahas Ir. Peter Frans, Ketua Umum DPN INKINDO.


Diskusi Panel Dalam Rangka HUT INKINDO DKI Jakarta Ke-39

“Tahun 2022: Optimisme, Peluang dan Tantangan Usaha Jasa Konsultansi”

Kondisi Pandemi sejak awal 2020, sangat mempengaruhi iklim usaha jasa konsultansi. Banyak

perusahaan konsultan yang kehilangan pekerjaan karena ditunda atau

dibatalkan akibat kebijakan refocusing APBN/APBD, sehingga mengakibatkan terjadinya PHK

karyawan dan tenaga ahli, atau bahkan cukup banyak yang terpaksa

gulung tikar. Diskusi Panel dalam rangka HUT INKINDO DKI Jakarta ke-39 ini, merupakan upaya

mengangkat kembali semangat berusaha untuk tumbuh dan tangguh

dalam situasi pandemi yang telah berlangsung hampir 2 tahun.


RANGKAIAN HUT INKINDO DKI KE-39
Acara Puncak Tanggal 15 September 2022

HUT INKINDO DKI Jakarta Ke 39
Tema:
“INKINDO DKI Optimis, Tangguh dan Tumbuh”

 HUT INKINDO DKI Jakarta Ke-39 telah diselenggarakan rangkaian kegiatan meliputi: - Sentra Vaksinasi Covid-19 (1000 orang), 
- Sentra Mini Vaksinasi (900 orang),  
- Brainstorming dengan 8 Asosiasi Profesi terakreditasi, 
- Santunan Anak Yatim dan Dhuafa, 


INKINDO DKI Jakarta Gelar “Sentra Mini Vaksinasi”

29-31 Juli 2021

Setelah  sukses  menyelenggarakan  Sentra Vaksin Covid-19 Dosis ke-1 pada tanggal 13-14 Juli 2021, di One Belpark Mall, Jakarta Selatan, kini DPP INKINDO DKI Jakarta diminta kembali untuk menyelenggarakan Vaksinasi berupa  “Sentra Mini Vaksin” di beberapa tempat, di Jakarta.  Sentra Mini Vaksin diselenggarakan  pada tanggal 29-31 Juli 2021, di daerah Jakarta Timur yaitu di Kecamatan Kramat Jati,   Rata rata per harinya diikuti oleh 300  orang warga sekitar dan beberapa karyawan Angggota Inkindo DKI Jakarta.


INKINDO DKI Jakarta Gelar Sentra Vaksinasi Massal Tahap 1 sebanyak 1000 orang

13-14 Juli 2021

Bertempat  di One Bellpark Mall, Jl. Fatmawati Raya No 1, Pondok Labu, Jakarta Selatan,  tanggal 13-14 Juli  2021, DPP INKINDO DKI Jakarta bekerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta menyelenggarakan Sentra Vaksinasi Inkindo DKI Jakarta untuk tahap 1 yang di ikuti total 1000 peserta dari Anggota Inkindo DKI Jakarta beserta keluarga dan Tim di proyek, juga diikuti oleh Masyarakat sekitar dan anak-anak usia 12 sampai 17 tahun,  Acara ini dibuka secara resmi  oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ir.  H. Ahmad Riza Patria, M.B.A, didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi, Drs. Andri Yansyah, M.H dan beberapa pejabat Pemprov DKI Jakarta lainnya, yang  didukung oleh One Bellpark Mall, Tim Dinas Kesehatan dan Puskesmas Cilandak serta Tim Tenaga Kesehatan (Nakes).


Penataran KE dan TLK Ke - 14

Sertifikat Penataran Kode Etik dan Tata Laku Keprofesian INKINDO bagi Penanggungjawab Perusahaan Anggota INKINDO DKI Jakarta, merupakan persyaratan untuk perpanjangan Kartu Tanda Anggota (KTA) INKINDO.  Bagi Penanggungjawab Perusahaan yang belum memiliki Sertifikat Penataran Kode Etik harap mengikuti penataran yang akan diselenggarakan pada 6-7 April 2021.

 

silahkan daftar sebagai peserta di:

http://bit.ly/Form_Pendaftaran_KodeEtik_Ke14


Sosialisasi dan Bimtek Perpajakan Batch II

Perpajakan merupakan bagian penting dari proses bisnis jasa konsultansi, untuk itu diperlukan pemahaman terkait regulasi di bidang perpajakan agar tidak menimbulkan permasalahan besar dikemudian hari. Banyak perusahaan konsultan yang terhambat usahanya karena menghadapi masalah pajak, yang dapat menimbulkan permasalahan keuangan dan hukum dikemudian hari.

karena antusiasme anggota INKINDO cukup besar maka, DPP INKINDO DKI Jakarta bekerjasama dengan Asosiasi Teknisi Perpajakan Indonesia (ATPI) akan mengadakan kembali Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Perpajakan Batch 2 pada tanggal 30 Maret 2021.

 

silahkan daftar sebagai peserta di:

https://bit.ly/Form_Pendaftaran_BIMTEK_Perpajakan_BATCHII


Bimbingan Teknik Pengelolaan PPh Badan 2020, Pengelolaan PPh WP OP Teknik Penyusunan Rekonsiliasi Fiskal dan Ekualisasi

       Bimbingan Teknik (Bimtek) ini  bertujuan untuk  memberikan pemahaman secara mendalam tentang pengisian SPT WP OP yakni Form 1770 SS, 1770S (baik pemegang saham ataupun pegawai biasa). Khusus untuk pemegang saham, pengisian Form 1770S sangatlah penting, mengingat banyak aspek yang berhubungan. Untuk PPh badan, Bimtek  ini didesain untuk memberikan pemahaman lebih mendalam mengenai kegiatan rekonsiliasi fiskal dan pengisian SPT Tahunan PPh Badan. Peserta didorong mampu  memahami poin-poin penting dalam proses rekonsiliasi Laporan Keuangan Komersil dan Laporan keuangan Fiskal agar terhindar dari risiko pajak, melakukan ekualisasi PPh Badan dengan PPN dan PPh Badan dengan PPh Pasal 21/PPh Potput lainnya. Melalui Bimtek ini peserta akan mampu menguasai step by step pengisian SPT Tahunan PPh Badan secara lebih mendalam, sehingga dapat terhindar dari  permasalahan finansial maupun hukum yang mungkin timbul di kemudian hari.


OUTLOOK JASA KONSULTANSI TAHUN 2021

Peluang dan Tantangan
Usaha Jasa Konsultansi Tahun 2021