Berita & Informasi

Publikasi

Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-pokok Kebijakan Fiskal Tahun 2021

Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal 2021

 

Pada tahun 2021 Pemerintah melakukan upaya pemulihan (recovery) sekaligus melakukan reformasi sektoral dan fiskal sehingga tema kebijakan fiskal tahun 2021 adalah “Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Penguatan Reformasi”.  Kebijakan fiskal tahun 2021 diarahkan untuk mampu menstimulasi perekonomian agar tumbuh pada level yang cukup tinggi, menggairahkan investasi dan ekspor, mendorong inovasi dan penguatan kualitas SDM, serta mendorong daya saing nasional termasuk melalui transformasi struktural.  Kementerian Keuangan telah menerbitkan kebijakan “Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal 2021”, seperti dapat dilihat di bawah ini.


Rencana Strategis Tahun 2020-2024

RPJM Pemerintah 2020-2024

 

Sebagian besar konsultan nasional masih sangat tergantung kepada proyek-proyek yang dibiayai oleh Pemerintah melalui  APBN/APBD, bantuan luar negeri,  maupun yang dibiayai melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Untuk itu penting bagi para  konsultan untuk memahami arah kebijakan pembangunan nasional pemerintah secara makro, untuk melihat prospek dan peluang usaha usaha jasa konsultansi beberapa tahun ke depan.

Sehubungan dengan hal tersebut, bersama ini kami sampaikan:

  • Rencana Strategis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat 2020-2024.


Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024

RPJM Pemerintah 2020-2024

 

Sebagian besar konsultan nasional masih sangat tergantung kepada proyek-proyek yang dibiayai oleh Pemerintah melalui  APBN/APBD, bantuan luar negeri,  maupun yang dibiayai melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Untuk itu penting bagi para  konsultan untuk memahami arah kebijakan pembangunan nasional pemerintah secara makro, untuk melihat prospek dan peluang usaha usaha jasa konsultansi beberapa tahun ke depan.

Sehubungan dengan hal tersebut, bersama ini kami sampaikan:

  • Rancangan Teknokratik Rencana Pembangunan Jangka Menegah Nasional 2020-2024.


INKINDO DKI Jakarta gelar diskusi dengan sejumlah Asosiasi Profesi ter akreditasi

12 Juli 2021

Ibarat dua sisi dari satu mata uang, tenaga ahli dan badan usaha merupakan dua entitas yang tidak terpisahkan dalam praktik Jasa Konsultansi. Sinergitas antara badan usaha dan tenaga ahli menjadi suatu keniscayaan untuk dapat menghasilkan kinerja jasa konsultansi yang profesional dan akuntabel. Untuk itu, DPP INKINDO DKI Jakarta menggelar Diskusi/Brainstroming secara daring dengan beberapa Asosiasi Pofesi yang terakreditasi pada tanggal 12 Juli 2021. Menurut Ketua Dewan Pengurus Provinsi INKINDO DKI Jakarta, Imam Hartawan, forum diskusi ini bertujuan untuk membangun kerjasama yang saling menguntungkan antara asosiasi perusahaan jasa konsultansi dan asosiasi profesi guna membangun persamaan persepsi dalam peningkatan kapasitas, perlindungan, pembinaan dan pengawasan terhadap tenaga ahli konstruksi.


INKINDO DKI Jakarta Gelar Sentra Vaksinasi Massal Tahap 1 sebanyak 1000 orang

13-14 Juli 2021

Bertempat  di One Bellpark Mall, Jl. Fatmawati Raya No 1, Pondok Labu, Jakarta Selatan,  tanggal 13-14 Juli  2021, DPP INKINDO DKI Jakarta bekerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta menyelenggarakan Sentra Vaksinasi Inkindo DKI Jakarta untuk tahap 1 yang di ikuti total 1000 peserta dari Anggota Inkindo DKI Jakarta beserta keluarga dan Tim di proyek, juga diikuti oleh Masyarakat sekitar dan anak-anak usia 12 sampai 17 tahun,  Acara ini dibuka secara resmi  oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ir.  H. Ahmad Riza Patria, M.B.A, didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi, Drs. Andri Yansyah, M.H dan beberapa pejabat Pemprov DKI Jakarta lainnya, yang  didukung oleh One Bellpark Mall, Tim Dinas Kesehatan dan Puskesmas Cilandak serta Tim Tenaga Kesehatan (Nakes).


HUT INKINDO Ke-42

INKINDO didirikan pada tanggal 20 Juni 1979 di Jakarta merupakan  fusi dari “IKATAN KONSULTAN INDONESIA” 
(IKINDO) yang didirikan pada tanggal 10 Februari 1970 dan “PERSATUAN 
KONSULTAN TEKNIK PEMBANGUNAN INDONESIA” (PKTPI) yang didirikan 
pada tanggal 8 Oktober 1971.


Audiensi dengan Pemprov DKI Jakarta yang diwakili oleh Biro Kerjasama Daerah (KSD) Setda Pemprov DKI Jakarta

16 Juni 2021

Hasil Audiensi dengan Kepala Biro Kerja Sama Daerah (KSD) Setda DKI Jakarta
“INKINDO DKI Jakarta akan lakukan kolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta

Dalam rangka menjalin kerjasama yang sinergis dengan Pemprov DKI Jakarta, DPP INKINDO DKI Jakarta melakukan audiensi dengan Kepala Biro Kerjasama Daerah (KSD) Setda DKI Jakarta, Andhika Permata, tanggal 16 Juni 2021. Delegasi DPP INKINDO DKI Jakarta dalam kesempatan tersebut dipimpin oleh Ketua DPP INKINDO DKI Jakarta, Imam Hartawan, S.T., M.T. didampingi oleh Her Pramtama, S.T., M.T. Wakil Ketua yang juga anggota TGUPP (Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan) Pemprov DKI Jakarta, Ir. Ronald Sihombing Hutasoit, M.Si, Wakil Ketua, Ir. Anton Gerbono, Wakil Ketua, dan Munif Sofian, S.Kom, Wakil Ketua. 

Beberapa hal yang mengemuka dalam pertemuan tersebut antara lain, bahwa Pemprov DKI Jakarta terbuka untuk berkolaborasi dengan INKINDO DKI Jakarta di berbagai program; salah satunya adalah  program  Jakarta Development Collaboration Network (JDCN),  tentang  ketahanan iklim. Hal ini untuk mendukung posisi Gubernur DKI Jakarta di kancah internasional sebagai Wakil Ketua Steering Committee Forum C40, yang membawahi wilayah Asia Pasifik dan Oceania. Pemprov DKI mentargetkan Net Zero Emmision  bisa dicapai pada tahun 2050 yang  lebih cepat dari target nasional. C40 Cities merupakan jaringan yang menghubungkan 97 kota besar dunia yang telah berkomitmen untuk mengambil langkah-langkah progresif terkait perubahan iklim. C40 Cities bertujuan untuk masa depan lingkungan kota yang lebih bersih, sehat, dan berkelanjutan. C40 mewakili lebih dari 700 juta warga di dunia dan seperempat ekonomi global. Ketua C40 saat ini ini adalah Wali Kota Los Angeles, Eric Garcetti.
Kerjasama lainnya meliputi:  penggunaan Standar Billing Rate INKINDO di lingkungan Pemprov DKI Jakarta terkait pengadaan jasa konsultansi, peluang usaha dalam  pekerjaan SLF (Sertifikasi Laik Fungsi),  kemudahan dalam  mendapatkan IPTB (Izin Pelaku Teknis Bangunan), Traffic Management, Vaksinasi massal anggota INKINDO DKI Jakarta beserta keluarganya, penggunaan teknologi informasi dalam  Manajemen Asset, monitoring banjir, masukan revisi zonasi dalam Perda No 1/2014, dan partisipasi secara reguler dalam Musrenbang. 

Dijelaskan bahwa, secara umum kolaborasi yang bisa dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta dan INKINDO DKI Jakarta dalam pemikiran yang ujungnya berbentuk filantrofi atau CSR. Penerbitan Buku Billing Rate INKINDO yang sesungguhnya sudah termasuk dalam CSR INKINDO. Diharapkan INKINDO DKI Jakarta juga bisa berperan aktif dalam memberikan masukan terkait dengan penyusunan regulasi.

Menurut Andika Permata, kolaborasi tersebut bisa dituangkan dalam MoU dan PKS antara DPP INKINDO DKI Jakarta dan Pemprov DKI Jakarta. Sebelum dilakukan MoU terlebih dahulu diadakan FGD untuk mendiskusikan bidang-bidang yang akan dikerjasamakan. Menanggapi program vaksinasi masssal untuk anggota secara gratis yang akan dilaksanakan oleh INKINDO DKI Jakarta, ia sangat mendukung karena Pemprov DKI Jakarta saat ini mentargetkan vaksinasi massal sebanyak 100 ribu orang per hari. 

Menurut Imam Hartawan, tujuan audiensi DPP INKINDO DKI Jakarta dengan Biro KSD Pemprov DKI Jakarta ini utamanya adalah untuk melakukan kolaborasi di berbagai bidang, memberi masukan dalam proses penyusunan regulasi yang kondusif bagi usaha jasa konsultansi, menciptakan peluang usaha bagi anggota dan bakti profesi dalam bentuk vaksinasi massal untuk ikut berkontribusi membentuk kekebalan komunal terhadap pandemi Covid-19.


INKINDO DKI Jakarta Berbagi Dibulan Suci Ramadhan

30 April 2021

INKINDO DKI Jakarta distribusikan 1000 Nasi Kotak

Jumat, 30 April 2021, DPP INKINDO DKI Jakarta menyelenggarakan kegiatan bakti sosial “Ramadhan Berbagi”,  berupa   pembagian  1000 nasi kotak untuk berbuka puasa. Pembagian nasi kotak dilakukan  di depan Kantor DPP INKINDO DKI Jakarta, beberapa  masjid sekitar Kantor DPP INKINDO DKI dan para pejalan kaki di sekitar Jl. Raya Pasar Minggu dan Kali Bata. Masyarakat nampak antusias menyambut distribusi nasi kotak tersebut. Pendanaan untuk kegiatan ini  berasal dari sumbangan para pengurus DPP dan  sebagian menggunakan kas DPP INKINDO DKI Jakarta. Dalam acara tersebut, hadir beberapa pengurus DPP, yaitu Ketua DPP INKINDO DKI Jakarta, Imam Hartawan, S.T., M.T., Afsdyah Eky Vitalina (Wakil Sekretaris), Ir. Anton Gerbono (Wakil Ketua) dan Munif Sofian (Wakil Ketua).


DPP INKINDO DKI Jakarta Jalin Kerja Sama Sinergi dengan Universitas Mercu Buana

8 April 2021

Dalam rangka merealisasikan Program Kerja,DPP INKINDO DKI Jakarta Masa Bakti 2018-2022 akan menjalin kerja sama sinergis dengan Universitas Mercu Buana (UMB). Hal itu terungkap dalam diskusi secara daring, antara DPP INKINDO DKI Jakarta dan Universitas Mercu Buana, tanggal 8 April 2021.Jajaran pengurus DPP INKINDO DKI Jakarta yang hadir, antara lain: Ketua DPP INKINDO DKI Jakarta, Imam Hartawan, S.T., M.T., Ir. Ronald Sihombing Hutasoit, M.Si (Wakil Ketua), Ir. Anton Gerbono (Wakl Ketua), Ir. MangiringPurba (Wakil Ketua), MunifSofian, S.Kom (Wakil Ketua) dan Drs. Diana Susianti Moro (Wakil Ketua). Dari UMB hadirantara lain: Dr. Devi Fitrianah (Direktur Ristek, Publikasi dan Kerjasama Dalam Negeri), Dr. Ir. Mawardi Amin, M.T. (Dekan Fakultas Teknik). Dr. Eliyani (Kepala Pusat Pengembangan Institusi dan Kerjasama Dalam Negeri), Ir. Handoko, M.T, IPM. Asean Eng. (Ketua Tim Rencana Pendirian Program Studi Profesi Insinyur),Dr. Hermanto Dwiatmoko, IPU. (Wakil Ketua Tim Rencana Pendirian Program Studi Profesi Insinyur), Niosi Kanna (Staf PPI dan KDN), danUthary Nurkhalisyah (Staf PPI dan KDN).

Menurut Imam Hartawan, kerja sama antara DPP INKINDO DKI Jakarta dan Universitas Mercu Buana tersebut antara lain meliputi:

  1. Program Goes To Campus: perkenalan usaha jasa konsultan kepada mahasiswa,dan supply and deman dan tara profesi dibidang jasa konsultansi dengan akademisi..
  2. Pengembangan profesi, khususnya terkait Program Sertifikat Profesi Insinyur bagi Anggota INKINDO DKI Jakarta.
  3. Penyediaan tenaga ahli konsultan.
  4. Penelitian dan pengembangan.
  5. Pemagangan lulusan perguruan tinggi.
  6. Masukan terhadap perbaikan kurikulum dalam rangka link and match antara industri jasa konsultansi dan perguruan tinggi.
  7. Pengabdian masyarakat.

Sebagai tindak lanjut dari acara diskusi tersebut,akan dibuat Nota Kesepahaman yang kemudian akan ditindak lanjuti dengan MoA sebagai bentuk kerja sama yang lebih spesifik.


Sertifikat ISO WQA 9001:2015

DPP INKINDO DKI Jakarta menerima perpanjangan Sertifikat ISO 9001:2015 dari WQA
Untuk meningkatkan pelayanan kepada Anggota, DPP INKINDO DKI Jakarta senantiasa menerapkan sistem manajemen mutu  secara konsisten.  Hal itu dibuktikan dengan keberhasilan DPP INKINDO DKI Jakarta menerima perpanjangan Sertifikat ISO 9001:2015 yang diterbitkan oleh  World Wide Quality Assurance Ltd  (WQA) , untuk yang ketiga kalinya, pada 3 Maret 2021. Perpanjangan sertifikat ISO tersebut diterbitkan  setelah melalui proses surveillance audit yang ketat oleh asesor WQA. Sebagaimana diketahui, WQA adalah salah satu sertifikator ISO internasional terkemuka  yang berkantor pusat  di Inggris.  Secara resmi penyerahan perpanjangan  Sertifikat  ISO 9001:2015 DPP INKINDO DKI Jakarta dalam bentuk hard copy  dilakukan pada tanggal 31 Maret 2021, melalui zoom meeting.