Berita & Informasi

Publikasi

Kegiatan Sosial Donor Darah INKINDO DKI Jakarta Tahun 2022, dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-77

Pada hari ini, Kamis (11/08/22) bertempat di Sekretariat INKINDO DKI Jakarta, telah dilaksanakan Kegiatan Sosial Donor Darah Keluarga Besar INKINDO DKI Jakarta Tahun 2022.

Pelaksanaan Kegiatan Sosial Donor Darah ini bekerjasama dengan PMI Jakarta Selatan, dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77

Ketua DPP INKINDO DKI Jakarta Bapak Imam Hartawan didampingi Sekretaris Ibu Afsdyah Eky Vitalina dan beberapa Pengurus DPP INKINDO DKI Jakarta lainnya memberikan sambutan dan ucapan terima kasih atas partisipasi Anggota INKINDO DKI Jakarta dalam kegiatan Donor Darah ini.

Kegiatan Sosial Donor Darah INKINDO DKI Jakarta sempat vakum selama 2 tahun karena pandemi Covid 19, namun pada pelaksanan Kegiatan Sosial Donor Darah yang dilaksanakan pada hari ini, peserta yang berpartisipasi diluar dugaan, animo dan antusiasme para pendonor sangat banyak,  sejumlah 107 orang dari perwakilan perusahaan Anggota INKINDO DKI Jakarta.

Diharapkan kedepan pelaksanaan Kegiatan Sosial Donor Darah ini dapat terus terlaksana secara rutin dan direncanakan akan terjalin kerjasama antara DPP INKINDO DKI Jakarta dengan PMI Jakarta Selatan untuk kegiatan sosial kemanusiaaan.

Saat Rakerprov tanggal 16 Agustus akan diadakan MOU antara INKINDO DKI Jakarta bersama PMI Jakarta, dan akan dilaunching Duta PMI asosiasi.


INKINDO DKI dan Bank DKI Akan Perbarui Perjanjian Kerjasama

DPP INKINDO DKI Jakarta menerima kunjungan pejabat Bank DKI, tanggal 4 Agustus 2022, di kantor INKINDO DKI Jakarta.  Ketua DPP INKINDO DKI Jakarta, Imam Hartawan, S.T., M.T., didampingi oleh Ir. Pung S. Zulkarnain, M.Ec.Dev, MAPPI (Cert) (Bendahara),   menerima kunjungan Bank DKI Jakarta dan melakukan diskusi tentang realisasi kerjasama yang selama ini dilakukan. 
Sebagaimana diketahui, INKINDO DKI Jakarta dan Bank DKI telah melakukan perjanjian kerjasama (PKS), dalam hal pemberian kredit modal kerja tanpa agunan, untuk proyek-proyek di lingkungan Pemda DKI dan BUMD DKI. Sudah banyak anggota INKINDO DKI Jakarta yang telah menerima fasilitas kredit tersebut. Namun karena pandemi Covid -19,  kegiatan pembangunan di DKI Jakarta banyak tertunda, maka proses pemberian kredit modal kerja dari Bank DKI tersebut tidak berjalan sebagaimana mestinya. Untuk itu Bank DKI akan memperbarui PKS  dengan INKINDO DKI Jakarta sesuai dengan kebutuhan. Imam Hartawan mengemukakan, banyak anggota INKINDO DKI Jakarta mengharapkan agar fasilitas kredit modal kerja Bank DKI juga dapat mencakup proyek APBN. Diharapkan penandatangan PKS yang baru dapat dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 2022, bersamaan dengan pelaksanaan Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) INKINDO DKI Jakarta.


INKINDO DKI Jakarta akan lakukan MoU dengan PII

Dalam rangka menjalin kerjasama antara INKINDO DKI Jakarta dan asosiasi profesi, pada tanggal 4 Agustus 2022, INKINDO DKI Jakarta melakukan diskusi dengan Persatuan Insinyur Indonesia (PII), bertempat di kantor INKINDO DKI Jakarta. Hadir mewakil PII,  Ir. Habibie Razak, IPU, ACPE, APEC.Eng, Direktur Ekseutif PII. Sedangkan pengurus DPP INKINDO DKI Jakarta yang hadir adalah: Ketua DPP INKINDO DKI Jakarta, Imam Hartawan, S.T., M.M., didampingi oleh Ir. Pung S. Zulkarnain, M.Ec.Dev, MAPPI (Cert) (Bendahara) dan Ir. Rachmadi (Wakil Ketua).  
Pada prinsipnya PII menyambut baik prakarsa INKINDO DKI Jakarta untuk mengadakan MoU dengan PII, khususnya dalam kegiatan sosialisasi , pelatihan, proses anggota PII, sertifikasi insinyur ASEAN, STRI (Surat Tanda Registrasi Insinyur), dan lain-lain.   Menurut PII banyak pihak yang belum memahami tentang UU  No 11 Tahun 2014 tentang Keinsinyuran, untuk itu perlu dilakukan sosialisasi. Misalnya dalam ketentuan terkait STRI  tanggungjawab profesi melekat kepada individu.  Jadi jika terjadi kegagalan dalam suatu pekerjaan maka yang bertanggung jawab adalah individu insinyur tersebut.  Hal tersebut perlu disosialisasikan kepada para pemangku kepentingan, termasuk INKINDO DKI Jakarta, sebagai wadah badan usaha konsultan yang merupakan pengguna tenaga ahli.   Diharapkan MoU antara PII dan INKINDO DKI Jakarta dapat ditandatangani pada acara Rakerprov INKINDO DKI Jakarta, tanggal 16 Agustus 2022


KESEPAHAMAN INKINDO DKI JAKARTA BERSAMA ASOSIASI PROFESI

Bertempat di ruang pelatihan INKINDO DKI Jakarta, hari ini, 26 Juli 2022, INKIDO DKI Jakarta menyelenggarakan Diskusi dengan Pimpinan Asosiasi Profesi di tingkat nasional, bertajuk “Membangun Kerjasama INKINDO DKI Jakarta Dengan Asosiasi Profesi”. Dalam kesempatan tersebut hadir perwakilan dari 12 Asosiasi Profesi, yaitu: ASTEKINDO (Asosiasi Tenaga Teknik Konstruksi Indonesia), ASTTATINDO (Asosiasi Tenaga Teknik Ahli dan Terampil Indonesia), ASTTI (Asosiasi Tenaga Teknik Indonesia), ATAKI (Asosiasi Tenaga Ahli Konstruksi Indonesia), GATAKI (Gabungan Tenaga Ahli dan Terampil Konstruksi Indonesia), PETAKINDO (Perkumpulan Tenaga Kerja Ahli dan Terampil Indonesia ), HPJI (Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia), INTAKINDO (Ikatan Nasional Tenaga Ahli Konsultan Indonesia), IAP (katan Ahli Perencanaan Indonesia), ISI (Ikatan Surveyor Indonesia), PAKKI (Perkumpulan Ahli Keselamatan Konstruksi Indonesia) PERTAHKINDO (Perkumpulan Tenaga Ahli Konsultan Indonesia). 


INKINDO DKI Jakarta Selenggarakan Business Matching Dengan Mitra Kerja

Sesuai dengan AD/ART INKINDO sumber pendanaan organisasi tidak hanya berasal dari uang iuran dan uang pangkal  Anggota, tetapi juga bisa dari penerimaan dari kegiatan organisasi, usaha-usaha yang sah dan sumbangan dari pihak lain yang tidak mengikat.  Dengan demikian peran mitra kerja atau para vendor sangat penting dalam menunjang kegiatan organisasi.

Untuk itu maka DPP INKINDO DKI Jakarta menyelenggarakan Business Matching dengan Mitra Kerja, 7 Juli 2022 lalu, bertempat di Ruang Pelatihan, Sekretariat INKINDO DKI Jakarta. Ketua DPP INKINDO DKI Jakarta Imam Hartawan, S.T., M.T., didampingi oleh Afsdyah Eky Vitalina, S.P., M.Si (Sekretaris), dan Ir. Pung. S. Zulkarnain, M.Ec.Dev, MAPPI (Cert), memimpin jalannya acara tersebut. Sebanyak  17 mitra kerja hadir dalam acara tersebut, untuk mempresentasikan masing-masing perusahaannya. Disamping itu, para mitra kerja juga menyampaiakan beberapa aspirasi agar produk-produk mereka bisa secara efektif dikenal oleh para konsultan, antara lain melalui acara: Seminar, Pelatihan, Pameran, Kunjungan ke Pabrik, Paparan di Perguruan Tinggi , Iklan melalui website, medsos dan Majalah INKINDO DKI Jakarta. Dalam acara tersebut juga hadir Ketua DPP INKINDO Daerah Istimewa Yogyakarta, menyampaikan pengalamannya dalam melakukan kerjasama dengan pihak vendor di DPP INKINDO DIY.


HAMKI dan INKINDO DKI Jakarta menyelenggarakan Pelatihan BIM

Penggunaan perangkat lunak BIM (Building Information Modeling) merupakan keniscayaan dalam proses pembangunan gedung bertingkat, 
Hal ini karena penggunaan BIM sudah merupakan Kewajiban (Mandatory) untuk di terapkan pada proses pembangunan gedung bertingkat yang padat teknologi dan padat modal,  sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri PUPR no 22 tahun 2018, dan Peraturan Pemerintah (PP) No 16 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 Tentang Bangunan Gedung. 


INKINDO DKI Jakarta Lakukan Pendampingan Proses SBU Jasa Konstruksi

Sesuai dengan visi INKINDO DKI Jakarta untuk “MENJADI ORGANISASI YANG MELAYANI ANGGOTA UNTUK MAJU BERSAMA”, maka salah satu program pelayanan DPP INKINDO DKI Jakarta adalah memberikan pendampingan kepada Anggota dalam proses pengurusan SBU Jasa Konsultansi Konstruksi melalui Lembaga Sertifikasi INKINDO (LSI). Menurut Ketua DPP INKINDO DKI Jakarta, Imam Hartawan, S.T., M.T., melalui layanan pendampingan yang diberikan secara gratis ini, dimaksudkan agar Anggota dapat menyusun berkas permohonan SBU secara benar, sehingga proses penerbitan SBU JK melalui  LSI bisa berjalan lancar. Hal tersebut sebagai respons banyaknya keluhan oleh Anggota, terkait kesulitan yang dihadapi dalam pengurusan SBU JK melalui sistem OSS Berbasis Risiko (OSS-RBA), sehingga tidak jarang berkas permohonan SBU ditolak.


INKINDO DKI Jakarta Akan Menjalin Kerjasama dengan Bank BRI

Didampingi beberapa pengurus DPP INKINDO DKI Jakarta, Ketua DPP INKINDO DKI Jakarta, Imam Harawan, S.T., M.T., menerima kunjungan Kepala Cabang Bank BRI Hayam Wuruk, Jakarta, pada tanggal 21 Juni 2022, di Kantor INKINDO DKI Jakarta. Dalam kesempatan tersebut dibicarakan tentang rencana kerjasama antara INKINDO DKI Jakarta dan Bank BRI, khususnya dalam memberikan kredit tanpa agunan, untuk proyek-proyek yang dibiayai oeh APBN maupun Swasta.  Bank BRI juga memberikan suku bunga yang kompetetif,  menyediakan fasilitas Bank Garansi.  Disamping itu dibahas juga tentang kemungkinan Bank BRI memfasilitasi asuransi Proffessional Liablity (PI) dari perusahaan asuransi mitra Bank BRI, dan produk-produk perbankan.

 

Imam Hartawan mengharapkan rencana kerjasama tersebut akan dituangkan dalam nota kesepahaman (MoU) antara INKINDO DKI Jakarta dan Bank BRI yang  diharapkan penandatanganan MoU INKINDO DKI Jakarta dan Bank BRI  dilakukan pada saat Rakeprov INKINDO DKI Jakarta, yang akan diselenggarakan pada  bulan  Agustus 2022.  


INKINDO DKI Jakarta Selenggarakan Pelatihan dan Workshop SMAP

Salah satu persyaratan dalam pengurusan Sertifikat Badan Usaha (SBU) Jasa Konsultansi Konstruksi, adalah kepemilikan terhadap Sertifikat/Dokumen Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) ISO 37001: 2016. Untuk memberikan pelayanan kepada Anggota, maka DPP INKINDO DKI Jakarta telah menyelenggarakan Pelatihan & Workshop Penyiapan Dokumen SMAP, 7-9 Juni 2022,  di Ruang Pelatihan INKINDO DKI Jakarta. Kegiatan Pelatihan ini bekerjasama dengan PT. SPRINT. Ini merupakan pelatihan Batch ke 3 yang diselenggarakan oleh INKINDO DKI Jakarta. Pelatihan ini diikuti oleh 26 peserta, berasal dari  13 Badan Usaha, dimana setiap Badan Usaha mengirimkan 2 peserta.


DPP INKINDO DKI Jakarta Selenggarakan Capacity Building Untuk Para Pengurus DPPH Masa Bakti 2022-2026

Bertempat di ruang pelatihan INKINDO DKI Jakarta, 14 Juni 2022, telah diselenggarakan kegiatan peningkatan kapasitas (Capacity Building), bagi para pengurus. Menurut Ketua DPP INKINDO DKI Jakarta, Imam Hartawan, S.T., M.T., kegiatan ini dimaksudkan untuk  meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para pengurus DPP terhadap kepranataan organisasi. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada fungsionaris DPP Harian dan Badan-Badan INKINDO  DKI Jakarta Masa Bakti 2022-2026 dalam rangka penyusunan program kerja DPP INKINDO DKI Jakarta Masa Bakti 2022-2026, agar sejalan dengan AD/ART, GBHKO, RAPBO, Roadmap INKINDO, dan Visi &  Misi Ketua DPP INKINDO DKI Jakarta.

 

Dalam sambutannya, Ketua Umum DPN INKINDO, Ir. Peter Frans, mengemukakan pengurus yang meluangkan waktu  untuk organisasi itu orang berdedikasi. Ujung dari kegiatan organisasi adalah  kesejahteraan anggota. Kalau anggota tidak bersejahtera  maka ada yang salah. INKINDO tidak mengatur proyek tetapi mengatur regulasi. Pemimpin yang baik menggabungkan senior dan yunior. INKINDO DKI perlu membuat  database personil yang handal, untuk  membantu DPP dan DPN dalam merespons isu-isu penting yang berkembang.