Publikasi

INKINDO DKI Jakarta akan Adakan Program Pengembangan Keprofesian dan One Day Service Pengurusan SKA

Jakarta, - Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO) DKI Jakarta berencana menggelar Program Pelatihan Pengembangan Keprofesian berkelanjutan (PPKB) dan menyelengarakan pelayanan one day service pengurusan SKA untuk para anggotanya. 

Program ini akan dilaksanakan bekerjasama asosiasi profesi , seperti Himpunan Ahli Manajemen Konstruksi Indonesia (HAMKI)  Pusat serta Ikatan Nasional Tenaga Ahli Konsultan Indonesia (INTAKINDO) DKI Jakarta. “Saat ini banyak anggota INTAKINDO yang berada di perusahaan anggota INKINDO  DKI Jakarta,” kata Ketua DPP INKINDO  DKI Jakarta Imam Hartawan, ST, MT.

Menurut Imam, Program ini perlu segera dilakukan mengingat para tenaga ahli konsultan perlu memiliki PPKB untuk mendapatkan Nilai Kum. Pada April lalu, sebenarnya program ini sudah dijalankan oleh INTAKINDO dengan melibatkan 700 anggota baru dari target 3000 anggota yang akan diberi PPKB.

SKA Tenaga Ahli merupakan mandatory UU No2 Tahun 2017 Tentang Jasa Konstruksi, sehingga TA konsultan konstruksi wajib memiliki SKA pada saat bekerja.

“Karena itu, perlu ada perjuangan khusus terkait pengurusan dan perpanjangan SKA agar bisa lebi cepat dan berbiaya murahmelalui kerjasama Asosiasi Profesi dengan Asosisasi Perusahaan melalui one day service dan pelatihan-pelatihan terkait bagi Tenaga Ahli,” tegas Imam.